Perspektif Orang terhadap Hidup


Ya, perspektif, bukan prespektif apalagi prospektif, karena menurut KBBI adalah perspektif. Baiklah untuk memudahkan perspektif artinya sudut pandang. Sudut pandang siapa terhadap apa? Sudut pandang orang terhadap hidup.Terkadang saya sering mendengar ada orang berkata "hidup itu bagaikan ..." atau menulis "hidup itu laksana ..."  dan terkadang sayapun menulis "hidup itu adalah ...", tapi tahukah anda bahwa apa yang saya tulis dapat berbeda dengan yang orang lain tulis dan dapat pula sama seperti apa yang orang lain tulis.

Namun terkadang apa yang pernah mereka tulis akan berubah dan itu mungkin pengaruh dari bertambahnya pengetahuan mereka mengenai makna hidup. Nah itulah perspektif, setiap orang mempunyai perspektif terhadap hidup yang bisa sama atau berbeda. Perbedaan perspektif itu dipengaruhi oleh banyak hal, seperti kondisi lingkungan, keluarga, adat, budaya, penghayatan dan banyak lagi.

Lantas diantara semua perspektif orang terhadap hidup, manakah yang paling benar? Kebenaran itu relatif, artinya apa tergantung perspektif yang paling kita pahami. Perspektif hidup itu sama seperti kita menilai seseorang itu cocok atau tidak dengan kita, terkadang juga seperti menilai seseorang itu cantik atau ganteng. Semuanya relatif tergantung perspektif mana yang anda anut. Perspektif hidup yang anda anut itulah yang akan menuntun anda menuju masa depan.

Komentar