Menulis di Blog itu Mudah lho !

Bagi anda yang mempunyai account weblog (disingkat blog) apapun itu pasti pernah mengalami mentok saat berhadapan dengan monitor internet yang sedang menampilkan box tulisan anda pada suatu blog.
Anda sangat ingin menulis sesuatu namun bingung apa yang harus anda tuliskan di blog anda (terutama jika anda baru mendaftar akun blog) hehe. Sebenarnya menulis blog itu mudah lho, malahan untuk siswa setingkat kelas 2 SD pun bisa asal ada kemauan, dorongan dan rasa percaya diri untuk menulis.

Sedikit bercerita (paragraf ini boleh dilewat), awalnya saya mulai ngeblog saat ada acara seminar dan workshop yang diadakan oleh bem amik al-masoem. Saya mulai ngeblog dengan kekosongan ilmu tentang cara ngeblog untuk suatu lomba yang masih diadakan oleh almasoem. Saya membuat blog beserta teman bernama anggi yang dibantu oleh seorang pemateri disana (saya lupa namanya) yang halamannya masih saya ingat samar yakni xfree.com. Itulah sedikit curhatan pengalaman saya hehehe. . .


Ok langsung menuju intinya. Kenapa saya katakan menulis di blog itu mudah? Ada yang tahu? Karena beberapakali saya blogwalking menyusuri beberapa account blog milik orang yang sudah lebih berpengalaman, saya melihat kemudahan didalamnya.

Anda pasti bingung kemudahan apa yang saya maksud? Kemudahan yang saya dapatkan yakni kemudahan mereka menulis dan mempostingkan blognya. Mereka terlihat menulis blog seperti menulis status di situs jejaring sosial facebook. Postingan mereka juga bercampur ada yang isinya hanya basa-basi hingga yang sangat serius. Mereka menulis semau mereka, itulah yang membuat menulis di blog itu mudah. Begitupun saya yang sudah terjangkiti oleh virus posting semaunya hingga menulis dan mempostingkan hal ini.

Didalam hati, anda pasti menyanggah seperti ini "kalo ngblog semaunya/asal-asalan kan gak baik, blog itu harusnya diisi dengan pedoman 5w1h?!" saya akan jawab "itu bagus namun untuk tahap awal saya kira semaunya dulu karena lebih baik posting dulu asal-asalan dan nanti untuk memenuhi ukuran 5w1h anda bisa menyunting kembali blog anda dilain waktu. Dan jika anda terus berpedoman pada 5w1h maka proses penulisan satu buah postingan akan lama sehingga kualitas postingan anda bagus namun kuantitasnya sedikit. Tapi kalau asal-asalan dulu kemudian diedit hingga memenuhi standar maka kualitas postingan anda akan bagus dan kuantitasnya banyak" (hehe jadi ceramah deh).

Menulisnya dimana? Nah inilah pertanyaan yang paling asyik. Sebenarnya seiring kemajuan teknologi, dunia blog pun ikut maju. Jadi tak usah beranggapan bahwa ngeblog itu harus di komputer warnet, atau harus punya komputer sendiri dengan modemnya. Tidak demikian juga, anda masih bisa ngeblog di komputer atau di netbuk milik keluarga, sodara, dan teman. Kalaupun tidak di perangkat komputer maka ponsel andapun bisa digunakan nulis dan posting blog (semudah anda mengupdate status). Dan jika anda tidak punya ponsel maka ponsel sodara, tetangga dan teman andapun masih bisa anda pinjam untuk menuangkan inspirasi anda kedalam blog. Jika anda tidak punya itu semua maka pilihan terakhir adalah tuliskan apa yang ingin anda postingkan kedalam secarik kertas atau catatan kecil agar anda bisa mudah menulis di blog anda saat di warnet nanti.

Jadi mulailah menulis di blog anda dan postingkanlah semudah anda membaca postingan saya ini hehehe

jika ada saran komentar dan apapun itu coba utarakan pada box komentar :)

Komentar

  1. nice note...
    sangat membantu bagi pemula seperti saya. :)

    BalasHapus
  2. thanks umi.
    kapan-kapan berkunjung kesini lagi ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar