air

aku air. aku terus mengalir, menyusuri tempat yang rendah. aku bisa terbang menguap aku bisa terjun menjadi hujan hingga jatuh menjadi air terjun. aku mengingatkan manusia agar selalu menyediakan jalan untuk kulalui. aku tahu manusia mempersempit jalanku, tapi aku harus tetap mengalir. maka dari itu aku meluap aku lalui jalan yang bukan jalanku karena manusia mempersempit jalanku.

aku air. aku dingin, aku selalu dingin dan tak peduli dengan apapun yang manusia keluhkan tentangku. Aku dingin, aku tidak mau tahu apapun yang manusia katakan, aku tetap pada pendirianku untuk selalu mengalir. Maka dari itu jika tidak ada jalan aku dingin untuk meluap menggunakan jalan manusia bahkan dingin untuk masuk kedalam rumah mereka.

aku air. aku tenang, aku selalu dapat tenang ketika apapun yang terjadi. aku tenang saat sampah-sampah menghalangi jalanku. aku selalu berusaha untuk menunjukkan ketenangan walaupun didalamku benar-benar ada arus dan gejolak yang besar. dengan ketenanganku manusia tidak akan menyangka bahwa aku dalam masalah ataupun aku adalah masalah atau aku sedang bermasalah.

aku air. aku sejuk, saat berada ditempat pertamakali muncul, aku benar benar sejuk, dipagi hari saat aku turun dari langit berupa butiran kecil seperti debu aku sangat terasa sejuk dikulit manusia. aku selalu memberikan kesejukan dan kesegaran kepada siapapun.

aku air. aku segar, kapanpun manusia menggunakanku, mereka akan merasakan sensasi kesegaran yang sangat luar biasa. disaat ngantuk saat aku membasahi wajah manusia aku selalu menjadikannya segar kembali. disaat manusia lemas dan tidak bersemangat atau saat manusia baru bangun dari tidurnya dan membasahi kulitnya maka saat itulah mereka dapat merasakan kesegaran yang menjadi keistimewaanku.

aku air. aku nyaman, disaat aku dipadukan dengan suhu yang hangat aku terasa sangat nyaman. banyak orang yang merendamkan dirinya untuk sekedar hanyut berrelaksasi bersamaku karena aku memang sangat nyaman saat dipadukan dengan suhu yang hangat.

aku air. aku amanah. aku amanah dalam merambatkan listrik hingga sampai ketempat yang jauh sekalipun.

aku air. aku rela berkorban. aku rela mengorbankan diriku untuk menyerap dan membawa polusi yang mencemariku. aku rela membawa racun, limbah, dan sampah bersamaku. aku rela membawa semua itu dan menetralkannya menjadi air asin yang ada dilaut.

aku air. aku tidak sombong. aku tidak sombong walaupun semua jasa-jasaku sangat berarti dan dibutuhkan oleh manusia. aku tidak sombong bahwa tanpa aku manusia tidak bisa bertahan hidup lebih dari seminggu, bahkan hanya 2 hari pun manusia akan merasa kelelahan tanpaku. aku tidak sombong walaupun aku membentuk seluruh tubuh makhluk hidup. apa kamu tahu makhluk hidup apa di dunia ini yang tidak mengandung air? kamu pun sebagai manusia dibentuk oleh 70% air. tapi aku tetap pada sifatku yang tidak sombong karena aku air, aku tawadu.

aku air

by candra

Komentar