Resiko Hidup

Segala hal itu sebenarnya adalah resiko. Resiko itu akan ada bagi makhluk hidup. Jika suatu makhluk tidak hidup maka tidak ada yang namanya resiko dalam hidupnya (namanya juga tidak hidup maka tidak terciptalah dirinya dan resikonya).

Sebenarnya resiko bagi yang tidak pernah mengalami hidup itu ada, namun resikonya itu, yakni tidak mempunyai resiko. Kenapa demikian? Karena resiko itu ada menyertai kehidupan dan pilihan dalam menjalani kehidupan.

Lalu apa resiko hidup? Adalah kesibukan. Kenapa harus kesibukan? Karena hidup itu artinya bergerak, bernafas, berfikir, merasakan dan lainnya. Jika kita tidak demikian maka sungguh kita tidak hidup. Pernahkah anda membeli seekor umang di pantai? Ataupun binatang apapun? Kemudian saat dia tidak bergerak anda akan mengatakan "sepertinya dia sudah mati (tidak hidup)". Nah itu pula yang akan menimpa manusia saat mereka hanya menjalani hidupnya dengan diam, menyendiri, tidur dan tidak ada aktivitas lain. Dia tidak sibuk, dan tidak mencari kesibukan. Padahal sudah menjadi resikonya untuk sibuk karena telah terlahir dan hidup.

Jadi kesibukan adalah resiko bagi makhluk hidup terutama manusia. Sibukkanlah dirimu dalam berbuat baik kepada semua makhluk ciptaan Tuhan supaya hidupmu menjadi berarti.

Komentar