Buku CPE

Siapa yang tidak kenal dengan buku? Ya, seperti yang terbayang dalam benak anda, buku adalah kumpulan kertas yang ditintai dengan informasi tertentu yang bertujuan untuk menyalurkan ilmu. Saat ini membuat dan menerbitkan sebuah buku sudah menjadi mudah. Selain itu mengarangnya pun tidak sesulit dahulu kala.

Karena teknologi yang kian canggih pembuatan buku pun menjadi mudah. Salah satu cara pembuatan buku saat ini yang sedang digemari oleh para penulis instant yakni dengan CPE (Copy Paste Edit) dari halaman-halaman di internet . Lantas apa salahnya dengan itu? Saya kira untuk penulis yang bermodus mencari uang itu adalah suatu trik untuk bisa cepat membuat buku supaya laris. Namun bagi pengarang, itu sebenarnya bisa dikatakan suatu plagiat. Memang selain copas ada juga pengeditan, tetapi tetap saja itu kurang baik.

Sebenarnya untuk pembaca yang santai dan non akademik buku-buku CPE itu berguna, namun saat buku tersebut dimiliki oleh pembaca akademik, maka buku itu kurang kuat sebagai suatu referensi sehingga nilai kegunaannya tidak sepenuh buku hasil karangan dan penelitian.

Saran saya sebaiknya pada daftar pustaka cantumkan minimal tiga buku sebagai referensi selain dari halaman internet.

Komentar