Tips agar mudah ingat

Langsung saja pada intinya. . .
Tips agar mudah ingat :
1. Lihat berulang-ulang
Beberapa hal yang selalu mudah diingat dan sulit dilupakan adalah hal yang selalu dilihat berulang. Contoh: saat anda mempunyai hewan peliharaan (setiap hari anda melihatnya dirumah), pasti anda langsung ingat saat disuatu tempat anda melihat hewan yang mirip peliharaan anda.
2. Dengar Berulang
jika anda perlu bukti bahwa hal yang anda dengarkan berulang akan mudah diingat maka saya punya pertanyaan untuk anda, "bisakah anda nyanyikan lagu yang anda sukai ?". Secara spontan pikiran anda akan menemukan lirik atau nada dari lagu yang anda sukai tersebut walaupun anda tidak menyanyikannya, dan itu terjadi berkat mendengar berulang.
3. Ucapkan berulang
Sebenarnya ini masih berkaitan dengan no.2, karena jika anda sering mengucapkan maka otomatis anda juga akan mendengarkan.
4. Menuliskan berulang
Jika anda menulis, maka anda akan melihat, mengeja, membaca dan menulisnya maka pasti akan ingat.
5. Merasakan
Untuk hal ini saya akan menjelaskan dengan pertanyaan. "apakah anda pernah dipuji orang lain? Atau apakah anda pernah dihina orang lain? Atau dimarahi orang lain?" nah khusus untuk perasaan, anda akan langsung ingat tanpa adanya perulangan. Coba saja anda ingat-ingat lagi siapa orang yang pernah memuji anda, pasti langsung ingat.
6. Gabungan semuanya
Nah yang ini paling dahsyat, saat anda bisa menggabungkan semuanya, maka anda akan selalu mengingat hal tersebut. Contoh : asumsikan (baca: anggap saja) anda mempunyai hubungan persahabatan atau percintaan dengan orang lain. Nah disana semua aspek diatas ada lho, melihat, mendengar, berbicara (ngobrol), kemudian menulis (smsan), merasa (memuji/dipuji, memarahi/dimarahi) Ia kan? Maka dari itu anda selalu ingat pacar atau sahabat anda.

Itulah tips agar mudah ingat, jika anda bisa mengadaptasikan untuk belajar. Maka nilai ulangan > 80 di semua mata pelajaran bisa anda dapatkan. O ia jangan lupa berdoa, karena ada keajaiban tak terduga dari doa-doa yang dipanjatkan.

Kalau tidak percaya boleh coba ! :-)

Komentar