Pelajaran pada hari ini (renungkan)

Merenungkan semua hal yang terjadi pada hari ini merupakan hal yang tidak terlalu penting bagi sebagian orang, namun jika ingin sifat dan sikap dalam menjalani kehidupan menjadi lebih baik, maka merenungkan hari ini adalah perlu.

Ada suatu pepatah yang pada intinya "kemunduran adalah saat esok lebih buruk dari hari ini dan kemajuan adalah saat hari ini lebih baik dari kemarin". Dari pepatah itu dapat diambil kesimpulan bahwa untuk mencapai suatu kemajuan, harus ada perubahan positif dari hari kemarin, kemudian hari esokpun harus ada perubahan baru dari hari ini. Untuk mendapatkan suatu perubahan positif maka diperlukan introspeksi diri atau renungan atau evaluasi.

Contoh sederhana, misalkan hari ini kejadian yang anda alami adalah melakukan kesalahan dengan mempermalukan teman anda didepan orang lain, nah hari esok anda usahakan untuk meminta maaf tidak akan melakukannya kembali.
Kemudian misalkan anda hari ini terjatuh dari motor karena menyalip sambil kebut kebutan, nah hari esok usahakan untuk mengendarai motor dengan aman dan bijak.

Mulailah renungkan semua kejadian buruk yang terjadi hari ini dan perbaikilah dihari esok

Komentar