Jangan berputus asa

Putus asa adalah pilihan saat seseorang merasa berada di titik nadir kehidupan yang ia rasakan, namun selain itu masih ada pilihan lain yakni terus berjuang.

Jika dipikir ulang, ternyata putus asa tidaklah pantas dijadikan sebagai pilihan, karena dari awal pilihan kita adalah berjuang. Pernahkah anda melihat seorang bayi yang baru saja lahir? Dia langsung menangis dan bersedih tetapi dia tidaklah berputus asa (tidak berusaha untuk berhenti bernafas, memutus urat nadi atau menggantung diri). Sejenak setelah itu, saat dia berada dipangkuan ibunya dia mulai berhenti menangis dan mulai tertawa. Dia berjuang untuk hidup, menangis untuk mendapatkan sari makanan, menangis untuk mendapatkan perhatian, itu adalah perjuangan seorang bayi.

Setelah umur bayi tersebut mulai bertambah, perjuangannya pun mulai berbeda, kini dia berjuang untuk belajar mendengarkan, belajar berbicara, belajar berjalan, dan berjuang untuk belajar segala hal.

Bagi anda yang belum berputus asa, janganlah menjadikan putus asa sebuah pilihan. Cukuplah pilihanmu adalah berjuang dan belajar untuk keluar dari masalahmu. Dunia ini masih membutuhkan orang-orang sepertimu !

Komentar