Pendidikan vs Pengalaman

Mungkin semua orang tahu kalau pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan karena pendidikan menyangkut dengan kepribadian seseorang, apabila seseorang tidak berpendidikan dapat di katakan bahwa ia adalah orang bodoh yang hanya bisa meniru, dan mempraktekannya tanpa peduli orang lain yang di tirunya, mungkin anda tahu apa arti pendidikan yang saya maksud ?

Pendidikan yang saya maksud adalah suatu usaha yang sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta kektrampilan yang di miliki dirinya dalam menjalani kehidupa sehari-hari.

Sebagian besar orang-orang menganggap pendidikan adalah sebuah pembelajaran untuk menuju tahap yang selanjutnya, apakah anda tahu bahwa zaman sekarang orang yang tidak berpendidikan hanya di anggap sampah belaka yang memnuhi luasnya dunia, namun anda dapat lihat di dunia maya semua orang berpendidikan maka dari itulah orang yang tidak berpendidikan adalah orang yang tidak sadar bahwa dirinya adalah sampah yang memenuhi dunia dengan kebodohan. Saya khawatir dengan peradaban dunia masakini yang hanya menganggap semua orang tidak berpendidikan, namun dapat di buktikan dengan adanya sekolah yang semakin menjamur di seluruh plosok Indonesia bahkan di seluruh dunia, tetapi apabila anda Tanya kepadan yang sudah lulus dari smp,sma, maupun perguruan tinggi. Anda Tanya “Mendapat apa selama anda sekolah?” pasti kebanyakan orang banyak yang bilang bahwa ia mendapatkan pengalam yang sangat berharga, sebagian orang menjawab saya mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan apa yang di ajarkan guru. Pasti anda tahu guru mendapat tugas dari pemerintah untuk mengajarkan apa yang di tentukan oleh pemerintah jadi di sekolah itu hanya dapat pendidikan yang di ajarkan oleh pemerintah saja. Coba anda lihat orang-orang yang professinya sebagai tukang las, tukang bangunan, tukang bengkel. Mereka itu tahu bahwa pendidikan yang di ajarkan di sekolah hanya sedikit yang di serapnya namun pendidikan akan teknik mengelas, teknik membangun rumah menyusun bata dan lain sebagainya itu tidak didapatkan di sekolah adapun pembelajaran yang seperti itu di dapat dari pengalaman dan di dapat dari sekolah menengah kejuruan. Selai itu mereka hanya mendapatkan pendidikan itu dari pengalaman dan pembelajaran secara otodidak. Menurut saya khususnya belajar itu lebih efektif dengan penglaman karna pengalaman adalah guru yang paling baik di bandungkan segala guru.

Akan tetapi pengalaman juga harus di ingat selalu dan di telaah lebih jauh lagi.

Kesimpulanya pendidikan sangat berarti bagi kehidupan semua orang dan pendidikan itu sendiri bukan hanya di dapat dari pembelajaran di sekolah saja akan tetapi pendidikan juga bisa di dapat dari pengalaman yang mengesankan dalam diri orang tersebut.

Komentar