Penampakan Kasus Mencontek

Mencontek merupakan suatu kegiatan meniru hal yang telah ada yang merupakan karya orang lain untuk kepentingan sendiri. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mencontek yaitu:
1. Ketidak jujuran
2. Kemalasan untuk berusaha
3. Keterbatasan waktu
4. Pemikiran yang sempit
5. Kurang percaya diri

Di Indonesia kasus mencontek sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak kasus yang menjadi bukti bahwa Anak bangsa gemar mencontek. Seperti beberapa penampakan kasus mencontek di beberapa bidang, diantaranya:

1. Pendidikan
Hampir di semua tingkatan sekolah, pelajar tidak luput dari kebiasaan mencontek. baik di dalam mengerjakan tugas, maupun dalam menghadapi suatu ujian. Ini terbukti dengan merebaknya kasus kebocoran soal, penyewaan joki, dan kasus lain yang banyak ditemukan di lembaga pendidikan.

2. Seni Musik
Seperti yang dilakukan grup band d'masiv yang dengan jelas meniru hasil karya orang lain, itu merupakan suatu bukti bahwa banyak masyarakat Indonesia yang masih gemar mencontek.  Adapun hasil karya contekan mereka seperti yang dapat dilihat DISINI.

Mungkin aneh, suatu band sudah lama mapan di dunia musik baru ketahuan sekarang bahwa kerya mereka merupakan suatu jiplakan dari karya musisi luar negeri belaka, bahkan cover album merekapun mencontek dari band aerosmith.

3. Seni Film

Disini dapat dilihat bahwa kreatifitas beberapa anak bangsa sangat payah karena setelah melihat dan membandingkan beberapa film hasil anak bengsa dengan film luar negeri, terdapat beberapa film yang sangat mirip. Seperti:

Legenda Ular Putih = White Snake Legend

Impian Cinderella =  The Prince Who Turn In To A Frog

Benci Bilang Cinta = Princess Hours

Bintang = Putri Huang zhu

Dan masih banyak lagi.

4. Teknologi

Dalam kasus ini, tidak tanggung-tanggung Indonesia mendapat peringkat ke-4 di dunia dalam kasus pembajak software pada tahun 2003 silam. Pada tahun 2007  berada di peringkat ke-12, dan masih bertahan hingga sekarang.  Adapun info lebih lengkap, dapat anda peroleh dengan mencari di google dengan kata kunci "Tingkat pembajakan software"

5. Sandang (Pakaian)

Barang imitasi sudah sangat menjamur di Indonesia, pasalnya banyak sekali industri rumahan dan pabrik yang memproduksi pakaian yang sama dengan produk-produk luar negeri namun dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk aslinya, sehingga dapat menyebabkan angka penjualan produk luar negeri tersebut anjlok. Contohnya seperti pembajakan produk pakaian dari adidas, nike, puma,  fila, dls.

Lima poin diatas merupakan salah satu dari penampakan kasus mencontek yang dilakukan anak bangsa yang pada dasarnya merupakan suatu kebiasaan masalalu mereka di lembaga pendidikan.

Komentar

  1. saya sangat senang dan saya suka dengan blog yang anda buat. bagus LANJUTKAN !!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. ohhhhhh.................... bagus banget blognya lain kali cari tema yang lebih bagus yah agar di dengar oleh pemerintah !!!!! amien !!!!???? lain kali buat yang lebih bagus yah............. se u tommorow........................

    brongos

    BalasHapus

Posting Komentar